About

adhphki

Asosiasi Dokter Hewan Praktisi Hewan Kecil Indonesia (ADHPHKI) yang di forum international bernama Indonesian Small Animal Practitioner Veterinary Association (ISAPVA) berdiri tanggal 24 Juli 2005 sebagai Organisasi Non Teritori (seminat / Sekeahlian) di bawah PDHI. disahkan melalui SK PB PDHI No.23SKPT/KU/PB PDHI/IX/2005. Asosiasi ini merupakan wadah dan sarana komunikasi ilmiah antar para praktisi hewan kecil (anjing dan Kucing) di Indonesia. Kegiatannya  antara lain berupa penyelenggaraan kegiatan ilmiah, penyediaan informasi ilmiah yang diharapkan menunjang aktifitas dan peningkatan profesionalisme bagi para anggotanya.

Terbentuknya asosiasi yang telah melalui jalan panjang tidak terlepas dari situasi yang mendukung yaitu : rasa membutuhkan adanya wadah bagi sarana informasi ilmiah para praktisi. Rasa membutuhkan rambu-rambu etika diantara praktisi. Rasamembutuhkan standard pelayanan jasa veteriner, termasuk pentarifan. Rasa membutuhkan informasi bagi kelengkapan dan peningkatan pelayanan jasa veteriner.

Visi : Berupaya mewujudkan Asosiasi Dokter Hewan Praktisi Hewan Kecil Indonesia menjadi organisasi non teritori di bawah PDHI yang terkemuka

Misi : Meningkatkan kualitas komunikasi ilmiah antar anggota; Meningkatkan kualitas profesionalisme praktisi hewan kecil (sebagai individu, anggota asosiasi dan bagian dari masyarakat;) Meningkatkan kualitas pelayanan jasa veteriner bagi para anggotanya. Menuju standard pelayanan jasa yang memberikan kepuasan bagi pengguna jasa dan kesejahteraan hewan, serta meningkatkan kualitas asosiasi.

ADHPHKI dalam melakukan kegiatannya bekerjasama dengan PDHI cabang dan juga perguruan tinggi yang ada Fakultas Kedokteran Hewannya. Kegiatan yang dilakukan beragam bentuk dari diskusi kelompok, seminar dan workshop yang mengunakan hewan coba (Wet lab).

ADHPHKI juga membuka komunikasi dengan organisasi sejenis di negara lain seperti VPAT (Veterinary Practitioner Association of Thailand), MSAVA (Malaysia Small Animal Veterinary Association), SVA (Singapore Veterinary Association), HKVA (Hongkong Veterinary Association). Secara regional juga menjalin kerjasama dengan AMAMS (Asia Meeting Animal Medicine Specialities).

ADHPHKI dengan VPAT dalam kerjasamanya telah berhasil melaksanakan 3 workshop dengan wet lab. VPAT juga merupakan pembimbing ADHPHKI dalam rencananya menjadi anggota WSAVA (World Small animal Veterinary Association).

Pada tanggal 10 oktober 2010 di semarang ADHPHKI bersama PB PDHI berhasil mengadakan KIVIHK (Konferensi Ilmiah Veterinar Internasional Hewan Kecil) pertama bersamaan dengan Kongres ke 16 PB PDHI.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s